Langsung ke konten utama

Ketika CINTA Berubah Menjadi BENCI !!! XD

Ketika Cinta Berubah Jadi Benci


Katanya, cinta itu lawan dari benci. Benci lawan dari cinta. Antara cinta dan benci, saling berlawan-lawanan. Hubungan cinta dan benci yang seperti ini, perlu diselidiki. Apakah seperti hubungan antara malam dan siang? Atau laki dan perempuan? Jangan-jangan seperti benar dan salah: Bahwa cinta adalah benar, dan oleh karena itu, benci adalah salah. Apakah cinta itu baik, dan benci itu buruk?

Ketika Anas Urbaningrum mengundurkan diri dari jabatan Ketua Umum Partai Demokrat, kita tidak tahu apa perasaannya terhadap partai politik yang melambungkan namanya ini. Di berbagai kesempatan, dia selalu bilang bahwa perjuangan demokrasi harus terus ditegakkan. Ini berarti Anas cinta demokrasi. Kita pun yakin, Anas benci terhadap orang-orang yang “telah mendongkelnya”. Hati Anas, kalau begitu, terdiri dari cinta dan benci sekaligus. Cinta Anas pada satu obyek, kebenciannya pada obyek yang lain.

Ketika KPSI dan PSSI bersatu, kita cinta timnas dan persepakbolaan kita, tetapi kita benci pada orang-orang yang telah membuat kisruh persepakbolaan kita. Obyek cinta dan kebencian kita beda.

Anda punya kekasih? Atau belahan jiwa? Bagaimana kalau kekasih anda itu tiba-tiba selingkuh, tiba-tiba mengkhianati anda, padahal anda sangat mencintainya? Saya jamin, anda mencintainya sekaligus membencinya. Kalau begitu, cinta dan benci anda ada pada obyek yang sama.

Cinta dan benci mungkin memang berlawanan, atau bertentangan. Tetapi hubungan keduanya tak seperti hubungan laki-laki dan perempuan. Laki-laki bukan lawan dari perempuan. Di jaman jadul, memang ada pendapat laki dan perempuan itu berlawanan, hubungannya saling kuasa-menguasai. Tetapi di jaman kompasiana ini, laki-laki dan perempuan memiliki hubungan kemitraan.

Cinta dan benci juga tidak seperti siang dan malam, sebab siang bukan lawan dari malam, malam pun bukan lawan dari siang. Walau beda, siang datang mengganti malam, malam pun hadir mengganti siang. Hubungan siang dan malam adalah hubungan silih berganti.

Cinta dan benci adalah seperti kebaikan terhadap keburukan, kebenaran terhadap kesalahan. Dalam satu jiwa, sesungguhnya kita tidak bisa mencintai dan membenci satu obyek secara sekaligus walau secara kasat mata obyek tersebut sama. Satu obyek itu pasti terpecah menjadi dua bagian: Bagian yang menjadi sebab cinta, dan bagian yang menjadi sebab benci. Seperti ketika suami anda tak pulang-pulang padahal sudah larut malam. Anda cinta suami anda. Tetapi anda benci karena ia tak pulang-pulang.

Ketika kita mencintai dan membenci seseorang secara sekaligus, sesungguhnya yang terjadi adalah di waktu yang hampir sama, hadir perasaan cinta dan benci di hati kita pada orang itu. Kehadiran cinta mendahului benci, walau waktunya sepersekian detik di hati kita. Begitu pula sebaliknya, ketika benci berubah cinta, maka ke-ada-an cinta mensirnakan benci.

Yang menarik adalah, biasanya, oleh sebab yang sederhana dan sepele, rasa cinta bisa berubah menjadi benci. Sebaliknya, walau suatu obyek benar-benar memiliki kualifikasi untuk dicintai, ketika hati anda telah benci kepada obyek itu, maka akan sulit bagi anda untuk merubah kebencian anda menjadi cinta….

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Analisis Novel "Surat Kecil untuk Tuhan"

Sinopsis novel Surat Kecil untuk Tuhan. Tuhan . . . Andai aku bisa kembali Aku tidak ingin ada tangisan didunia ini Tuhan . . . Andai aku bisa kembali Aku berharap tidak ada lagi hal yang sama terjadi padaku terjadi pada orang lain Tuhan . . . Bolehkan aku menulis surat kecil untuk-Mu Tuhan . . . Bolehkah aku memohon satu hal kecil untuk-Mu Tuhan . . . Biarkanlah aku dapat melihat dengan mataku Untuk memandang langit dan bulan setiap harinya Tuhan . . . Izinkanlah rambutku kembali tumbuh agar aku bisa menjadi wanita seutuhnya Tuhan . . . Bolehkah aku tersenyum lebih lama lagi Agar aku bias memberikan kebahagiaan kepada ayah dan sahabat-sahabatku Tuhan . . . Berikanlah aku kekuatan untuk menjadi dewasa Agar aku bisa memberikan arti hidup kepada siapapun yang mengenalku Tuhan . . . Surat kecilku ini Adalah surat terakhir dalam hidupku Andai aku bisa kembali . . . Ke dunia yang Kau berikan padaku             Itulah untai

All My Doodle Art

Yoss... post kali ini tentang doodle art, yah kegiatan yang mengisi waktu luang kalau lagi bosan2nya sampe nggak tau mau ngapain alhasil jadilah doodle2 ini... ta--daaa~~~ ini semua hasil karya dari tanganku sendiri *proud* every single step aku kerjain dengan teliti ,, hehehe cekidootttt         Nahhh... tuh semua adalah hasil jerih payahku yang belajar buat doodle dan hasilnya lumayan lah *PD* untuk tau ajahh tuh nama2 yang aku tulis diatas berdasarkan pesanan teman2ku yang pengen namanya ditulis ala2 gaya doodle gitu..  well,, see u~~~~

100 fakta Yesung Super Junior

Yesung Super Junior Hari ini aku mau Share 100 fakta tentang Yeppa dulu, my bias, my fav, namja terdabesttt, kapan" aku share fakta tentang oppadeul yang lain, this is it : 01. Terlahir dengan nama Kim Jong Woon. 02. Hidup bersama ayah, ibu, dan 1 adik laki-laki bernama Kim Jongjin yang usianya berbeda 3 tahun dengan dirinya. 03. Warna favoritnya merah. 04. Sangat menyukai musim gugur. 05. Username twitternya adalah @shfly3424. 06. Sangat mengidolakan Moon Geun Young, Yesung menjelaskan bahwa Moon Geun Yong adalah tipe wanita idealnya. 07. Nama panggungnya Yesung diambil dari "Yesulgaui Seongdae (예술가의 성대)" yang berarti "Art of Voice." 08. Yesung lahir pada tanggal 24 Agustus 1984 di Cheonan, Korea Selatan. 09. Dianggap sebagai yang paling aneh di Super Junior. 10. Yesung memiliki jari-jari tangan yang pendek. Salah satu member mengatakan bahwa Yesung mempunyai tangan yang terjelek diantara member lainnya karena Yesung memliki